Kamis, 15 September 2011

Tips Mengelola Mading Rohis


Muslim Muda...berdakwah merupakan tugas yang sangat mulia, tugas yang para Rasul terlebih dahulu diutus oleh Allah dan berdakwah merupakan ucapan yang sangat mulia.
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (Fushilat (41): 33).

Bagaimana tidak akan menjadi ucapan dan pekerjaan yang terbaik? Sementara dakwah adalah pekerjaan makhluk terbaik yakni para nabi dan Rasul alaihimussalam.
Muslim Muda...dan…ternyata mading(majalah dinding) rohis merupakan salah satu media yang sangat efektif digunakan untuk berdakwah. Bagaimana caranya, simak tips berikut ini
 


1.Buatlah mading yang aman dari gangguan
Kalau bisa, madingnya terbuat dari kaca dan punya kunci. Kalau belum punya cukup terbuat dari tripleks atau gabus kemudian dibuatkan bingkainya silahkan kumpul-kumpul duit atau cari dana untuk beli #uangnya gak lari kemana-mana khan, ntar diganti dengan surga kok. Insya Allah#

2.Tentukan tim redaksi dari madingnya
Tim  redaksi bisa terdiri dari 3-4 orang.Tugas dari tim redaksi adalah mempersiapkan artikel sampai memajang isi madding Rapatkan dengan tim redaksi tema dan artikel yang akan dipajang di mading.

3.Upayakan mading kamu terbit secara rutin.
 Terbitnya bisa dua pekan sekali atau maksimal sebulan sekali, agar pembaca kamu setia menanti, usahakan di atur untuk  waktu terbitnya  dan sesuai dengan jadwal yang ada, lalu di usahakan isi madding berhubungan dengan yang sedang berlangsung, contoh di bulan ramadhan isikan tentang puasa, zakat, tarawih dll.


4.Buat tampilan mading kamu elegan dan tidak menor
Buatlah tampilan mading semenarik mungkin, agar orang tertarik untuk selalu dating ke madding, dan usahakan diganti perbulan supaya orang-orang tidak bosan melihatnya, lalu  perhatikan tata letak untuk menaruh artikel , supaya orang- orang bisa membaca nya dengan mudah, lalu hiaslah artike sebelum di taruh dimading dan coba berkreativitas , jangan selalu menaruh artike yang dapat dari internet dan langsung di print tanpa di hias, karena akan menimbulkan kesan malas membaca dikarenakan artike yang sangat monoton.

5.Pembagian bahasannya bisa berupa

   a.Bahasan utama
   b.Adab dan akhlak
   c.Kisah
   d.Profil (bisa berupa profil guru, siswa atau kegiatan sekolah)
   e.Iptek
   f.Info umum
   g.Sms kamu
   h.dll

6.Jangan pernah takut menerima saran dan kritik dari pembaca atau siapa saja,
 Karena,  itu berarti orang lain peduli dengan kamu dan tentunya demi kemajuan mading Rohis kamu

Muslim Muda...mudah-mudahan tips sederhana ini bisa membantu kalian aktif berdakwah lewat media mading ROHIS kamu
Semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar